Jumat, 28 Mei 2010

PENGEMBANGAN KURIKULUM DENGAN KUALITAS PBM DI SEKOLAH DASAR

Proses belajar mengajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan di sekolah. Rendahnya mutu pendidikan merupakan akibat dari rendahnya kualitas proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Kualitas pembelajaran di sekolah dipengaruhi pula oleh faktor input diantaranya adalah kemampuan kepala sekolah dan partisipasi guru dalam pengembangan kurikulum. Oleh karena itu kemampuan kepala sekolah dan partisipasi guru dalam pengembangan kurikulum memiliki peranan yang penting terhadap kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya akan berperan terhadap mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis kontribusi kemampuan kepala sekolah dan partisipasi guru dalam pengembangan kurikulum terhadap kualitas proses belajar mengajar di sekolah dasar yang dilaksanakan di Kota Tanjung Pinang-Provinsi Kepulauan Riau.
Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Data penelitian tentang kemampuan kepala sekolah, partisipasi guru dalam pengembangan kurikulum dan Kualitas proses belajar mengajar di sekolah dasar dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner terhadap 56 responden sebagai sampel penelitian yang dipilih secara proporsional random sampling dari 62 orang kepala sekolah sebagai populasi. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui tiga tahapan proses yaitu: (1)Mendeskripsikan data variabel penelitian; (2)Menguji persyaratan analisis; (3)Menguji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antar variabel penelitian menggunakan teknik analisis korelasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar